Jumat, 04 Maret 2016

Heboh AJS 350 Cc Terkubur di Blitar

Warga Desa Maliran membersihkan AJS yang ditemukan
INFORMASI penemuan AJS 350 cc berawal dari cerita Tricahyo Abadi, Sabtu, 13 desember 2014. Via grup FB Blitar Kutha Kawentar, beredar info melalui Mas Khader Arjack  mengenai ditemukannya sebuah motor gede (moge) yang lama terpendam di Dusun Banaran, Desa Maliran, Kecamatan Ponggok, Kabupaten Blitar.

Memang info mengenai lokasi situs penemuan moge ini sempat simpang siur karena ada info serupa bahwa penemuannya adalah di Desa Jatilengger. Rupanya hal tersebut terjadi karena posisi kedua desa bersebelahan. 

Penduduk desa menemukan motor yang terpendam itu saat sedang menggali lubang pondasi untuk rumah salah satu penduduk desa. Kondisi motor dalam keadaan berkarat dimakan waktu. Namun, dari plat merknya yang masih utuh, dapat dipastikan motor tersebut bermerek AJS (AJ Stevens & Co Ltd.), yang merupakan merk legendaris dari Inggris.

Moge yang ditemukan tersebut diperkirakan telah terpendam selama puluhan tahun. Berdasarkan penampakan fisiknya, diduga moge tersebut adalah AJS 350 cc keluaran tahun 1956. Berikut ini perbandingan foto moge yang telah ditemukan warga dengan motor AJS 350 cc 1956 milik Cepi Budisentosa Memet (lebih sering dipanggil Kang Memet) yang juga berplat AG (Kediri, Blitar dan sekitarnya)

Karena kemiripan bemper mesinnya, pada awalnya motor yang telah ditemukan warga ini disangka adalah pabrikan Birmingham Small Arms (BSA) 350cc yang juga keluaran 1956 seperti milik seseorang dari Jawa Tengah di bawah ini:

Hingga berita ini diturunkan, belum ada kejelasan siapa yang berhak memiliki harta karun terpendam tersebut. Menurut informasi yang diperoleh +Tukar Cerita, barang antik moge kuno ini masih diperebutkan antara si penemu vs pemilik rumah yang akan dibangun vs ahli waris tanah.

Sejarah Singkat 

AJS merupakan salah satu pabrikan motor Inggris tertua selain BSA, Ariel, Vincent, Matchless, Norton, dan Triumph. Pendirinya adalah empat dari lima anak laki-laki keluarga Stevens: Harry, George, Jack, dan Joe Stevens Junior (Stevens memiliki 9 anak dan seluruhnya terlibat dalam bisnis ini). 

Keluarga Steven memang terkenal reputasinya sebagai mekanik yang handal. Awalnya mereka berempat hanya memproduksi mesin motor. Pada tahun 1909, mereka memenangi sebuah kejuaraan ketahanan motor dihidupkan selama 24 jam non-stop sehingga mereka merasa perlu melindungi motornya tersebut. 

Mereka sepakat untuk mendirikan pabrik motor. Dan setelah mempertimbangkan masak-masak, mereka memutuskan untuk menamai pabrik mereka dengan inisial nama saja. Dan karena hanya Jack yang mempunyai dua nama Baptis, yaitu Albert dan John, akhirnya pada tanggal 14 November 1909, mereka secara resmi mendirikan pabrik motor bernama AJ Stevens & Co Ltd. 

Selama beberapa tahun, AJS menjadi penyokong utama industri motor Inggris. AJS mencapai puncak kejayaannya pada tahun 1920-an dan 1930-an. Pabrik mereka ini sebenarnya tidak hanya memproduksi sepeda motor saja, tetapi juga mobil.

Kredit foto: Khader Arjack dan Cepi Budisentosa Memet
SUMBER: http://www.tukarcerita.com/2014/12/heboh-ditemukan-motor-terpendam-di.html


Tidak ada komentar: