Jumat, 04 Maret 2016

Tiga Motor Tua Berbanderol Selangit

Indian 8-Valve Board 1915
SUDAH menjadi rahasia umum jika sepeda motor antik dijual dengan harga yang cukup mahal. Bahkan, beberapa diantaranya dipasarkan dengan harga selangit.

Tingginya harga sepeda motor klasik ini tak lain karena nilai sejarah dan juga unitnya yang langka sehingga menjadi buruan para kolektor.

Seperti diketahui, motor-motor tua membutuhkan perawatan yang telaten dan kecintaan yang sangat tinggi terhadap kendaraan tersebut. Tak hanya itu, harga suku cadang dari motor tua pun biasanya sangat mahal karena amat langka di pasaran.

Demi perawatan rutin tunggangannya, para pemilik sepeda motor tua dapat menghabiskan dana mencapai puluhan juta rupiah. Berikut ini uraian singkat motor-motor yang dibanderol dengan harga selangit seperti dilansir dari Myinfopie, Senin (16/3/2015).



Indian 8-Valve Board 1915

Sepeda motor yang diproduksi oleh Indian Motor Company ini diciptakan khusus untuk balapan yang diselenggarakan oleh pabrikan. Saat itu, balapan dilakukan pada sebuah trek berbentuk oval yang dibuat dari papan kayu.

Sepeda motor dengan usia nyaris menginjak satu abad ini juga digelari sebagai Motor Antik Paling Ingin Ditampilkan. Indian 8-Valve Board buatan 1915 ini harga jualnya mencapai US$ 60 ribu atau sekitar Rp 794,1 juta.

BMW R32 1924

Sepeda motor klasik selanjutnya yang dibanderol dengan harga selangit adalah BMW R32. Sepeda motor ini diciptakan ketika Jerman diembargo melalui Perjanjian Versailles ketika Perang Dunia I.

Perjanjian tersebut intinya melarang produksi segala jenis peralatan militer. Dampak Perjanjian Versailes membuat BMW yang awalnya merupakan produsen mesin pesawat tempur terpaksa banting setir memproduksi sepeda motor dengan membangun R32 pada 1924.

BMW R32 saat itu telah dibangun dengan perseneling tiga percepatan. Tidak seperti sepeda motor yang jamak ditemui saat ini dimana perpindahan giginya menggunakan pedal di kaki, sistem perpindahan transmisi BMW R32 menggunakan tuas perseneling yang berada di sisi tangki bahan bakar.

Di pasaran, harga jual BMW R32 ditaksir mencapai US$ 165 ribu atau sekitar Rp 2,18 miliar. Sepeda motor pertama BMW ini tak hanya menjadi motor klasik terbaik tetapi juga sepeda motor BMW terbaik sepanjang masa.

Harley Davidson `Strap Tank' Single 1907

Sepeda motor termahal dalam deretan ini dipuncaki oleh Harley Davidson `Strap Tank' Single yang diproduksi pada 1907. Sepeda motor ini merupakan model produksi pertama yang diciptakan oleh William S Harley dan Arthur Davidson.

Harley Davidson `Strap Tank' Single menjadi salah satu diantara sedikit model Harley Davidson yang mengusung mesin satu silinder. Saat itu, sepeda motor ini dibangun hanya dengan memasang mesin pada rangka sepeda.

Adapun harga jual dari Harley Davidson `Strap Tank' Single ini ditaksir mencapai US$ 352 ribu atau sekitar Rp 4,65 miliar. (Yongki Sanjaya)

SUMBER:http://otomotif.liputan6.com/read/2191783/3-motor-tua-ini-dibanderol-dengan-harga-s elangit

Tidak ada komentar: