Jumat, 04 Maret 2016

Berburu Motor Klasik Sampai Dasar Sungai

Ariel 350 Cc ditemukan di Kali Brantas
SEPERTI pehobi pada umumnya, pecinta sepeda motor klasik terkadang berjuang keras demi incarannya.

Salah satunya adalah pengalaman Djoko Marseno, yang berburu sepeda motor klasik ke berbagai kota bahkan sampai di dasar sungai. Djoko mulai serius menggeluti hobi ini pada 1970-an.

"Sejak dulu saya memang sudah senang sepeda motor tua. Lebih simpel, tongkrongannya gede-gede," ujarnya. Dulu koleksinya cukup banyak, tetapi berkurang satu per satu seiring berjalannya waktu.

"Buat keperluan sekolah segala macam, ada yang saya jual. Namun saya menjual juga ke sesama kolektor, jadi barangnya masih bisa saya lihat," kata Djoko mengenang. Kini koleksi Djoko ada 4 unit, diantaranya adalah Indian keluaran 1948 dan BSA produksi 1953.



Ketika muda, Djoko kerap kali berburu sepeda motor klasik ke berbagai daerah seperti Bangka dan Palembang. Menariknya, Djoko pernah mendapat sepeda motor di dasar Sungai Brantas (Jawa Timur).

"Dulu mungkin sepeda motor itu dibuang Belanda, dan bertahun-tahun ada di dasar sungai. Saya dapat dalam kondisi yang berkarat di mana-mana," paparnya.

Soal perawatan, Djoko menilai sepeda motor klasik hampir sama dengan adik-adiknya yang lebih modern. Namun tentu saja suku cadangnya yang sulit dicari. Untuk mengakalinya, bisa menggunakan suku cadang motor baru yang hampir sama kemudian dibubut.

Apakah sepeda motor klasik merupakan hobi yang mahal? Djoko menilai itu relatif. "Tergantung kondisi sepeda motor yang kita inginkan. Bisa juga nyicil, membeli parts per parts. Tidak perlu bingung, sesuaikan saja dengan budget yang dimiliki," katanya.

Djoko sendiri merupakan senior di komunitas pecinta sepeda motor klasik yang ternama di Tanah Air yaitu Motor Antique Club Indonesia (MACI). Cikal bakal komunitas ini dibentuk pada 1978 di Bandung. Anggotanya semakin bertambah dan tersebar di banyak kota. Akhirnya pada 1982 berdirilah MACI sebagai organisasi tingkat nasional.

"Anggota MACI tersebar di seluruh Indonesia, jumlahnya mungkin sekitar 5.000 orang. Namun yang aktif sekitar 1.000-1.500 orang. Aktif tidaknya anggota biasanya terlihat saat acara Jambore Nasional," kata Djoko, yang kini berusia 60 tahun.

Selain Jambore Nasional, para anggota MACI juga tidak jarang melakukan perjalanan panjang (touring) bersama. "Ini membuktikan sepeda motor klasik tidak kalah dengan yang lebih modern. Sepeda motor tua justru lebih stabil, karena tongkrongannya gagah dan kebanyakan buatan Eropa," tutur Djoko.

MACI memang perkumpulan pecinta sepeda motor jadul. Djoko mengungkapkan sepeda motor milik anggota MACI paling muda adalah keluaran 1967. "Sisanya ada yang produksi 1913, 1945, 1948, dan sebagainya," ujar pensiunan pegawai Kementerian Perindustrian ini.

Salah satu misi yang diusung MACI adalah sepeda motor klasik sebagai cagar budaya yang perlu dilestarikan. Sepeda motor klasik mencerminkan sejarah perjalanan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, MACI berkampanye untuk menghentikan pengiriman sepeda motor klasik ke luar negeri.

Bisnis Modifikasi 

Terkadang tidak mudah mencari sepeda motor klasik. Seorang pehobi bisa saja berburu sampai ke luar kota bahkan luar negeri untuk mendapatkan sepeda motor idamannya. Namun jangan khawatir, karena ada wirausahawan yang membuka bisnis di bidang sepeda motor klasik sehingga Anda tidak perlu pergi jauh-jauh.

Salah seorang pelaku usaha di bidang sepeda motor klasik adalah Indra Jaya. Pria berusia 29 tahun ini adalah pemilik Classic Bikers Shop yang berdiri sejak 2008.

Bisnis Indra tidak lepas dari hobinya. "Saya suka sepeda motor klasik karena bentuknya berbeda, jarang orang pakai. Saya suka yang buatan Amerika Serikat, Inggris, Jepang, dan China," katanya.

Classic Bikers Shop sendiri menjual berbagai sepeda motor klasik. Mulai dari buatan Birmingham Small Arms Company (BSA), Triumph, Harley-Davidson, sampai Ruby. Yang paling klasik adalah sepeda motor BSA buatan 1945.

"Konsumen kami berusia antara 30-60 tahun. Kebanyakan dari kelas menengah-atas," kata Indra, yang memperoleh barang dagangannya dari hasil berburu sendiri atau membeli dari kolektor lainnya.

Selain sepeda motor klasik, toko yang terletak di daerah Bekasi ini juga menjual berbagai suku cadang dan aksesoris. "Kami juga menyediakan jasa modifikasi mengubah motor biasa menjadi motor klasik. Biayanya sekitar Rp 15 juta," kata Indra.

Sepeda motor klasik yang paling murah dijual di Classic Bikers Shop dibanderol Rp 15-25 juta. Biasanya ini adalah sepeda motor Honda dengan berbagai varian, mulai dari yang berkapasitas mesin 400 cc sampai 600 cc. Sementara yang termahal adalah keluaran BSA dan Harley-Davidson, yang harganya sekitar Rp 45-250 juta.

Dari usahanya ini, Indra mengaku bisa mendapat omset sekitar Rp 50 juta per bulan. "Ini kalau penjualan sedang bagus. Kalau sedang agak turun mungkin sekitar Rp 25 juta," tuturnya.

Ke depan, Indra menilai bisnis sepeda motor klasik memiliki prospek yang bagus. Hobi ini diperkirakan tetap akan bertahan meski sepeda motor baru terus dirilis. "Orang tidak akan bosan. Selain itu, sepeda motor ini semakin tua justru semakin mahal," ucap Indra.

Jika harga sepeda motor klasik bisa terus naik, apakah ini bisa menjadi instrumen investasi? "Sangat bisa. Namun tidak semua jenis yang kenaikan harga signifikan," sebut Indra.

Beberapa sepeda motor klasik yang layak investasi, demikian Indra, adalah keluaran Harley-Davidson atau Honda Shadow. "Kenaikan harganya sekitar 30 persen per tahun," ujarnya. (Hidayat Setiaji)

SUMBER:http://finance.detik.com/read/2014/03/14/121856/2525745/4/gurihnya-bisnis-modifik asi-motor-klasik

Tidak ada komentar: