Jumat, 04 Maret 2016

Norton Chooper Sirip Hiu Pontianak

Joko dan Norton Kesayangannya
JOKO atau kerap disapa Joe ini, tak bisa lepas dari motor tua dan antik. Baik produksi Jepang maupun eropa.

Boleh dikatakan hampir semua tunggangannya adalah motor dengan tahun produksi lawas. Untuk ketiga kalinya, ia memodifikasi motor antiknya.

Sebelumnya, mantan Ketua Black Jack Pontianak ini pernah merombak dua unit Binter Merzy (1980) miliknya dengan gaya Chooper.

Nah, kali ini Norton (1956) kesayangannya. Norton dengan kapasitas 350 cc ini, ia dapat hanya dalam bentuk mesin gelondongan.

Jadi, seluruh bagian, termasuk rangka, seluruhnya handmade. "Supaya mengentalkan konsep chooper yang saya usung, beberapa komponen motor saya amputasi. Namun ada beberapa yang saya pertahankan keasliannya seperti knalpotnya (yang berbentuk sirip hiu)," ujar Joe kepada Tribunpontianak.co.id, Kamis (26/7/2014).

Setiap modifikasi dilakukan menurutnya ada sisi kekurangan dan kelebihan. Meskipun setang motor ini panjangnya hingga 26 cm, namun tidak membuat capek jika dibawa bepergian jauh. "Justru dibawa touring, motor ini sangat nyaman. Setangnya yang tinggi tidak membuat capek tangan," tuturnya.

Hanya jika sudah berada di medan yang tidak mulus, motor ini menjadi tidak nyaman dikendarai. Sebab motor ini tidak dilengkapi shockbreaker di belakangnya. "Jadi kalau lewat jalan berbatu, hentakan joknya bisa sampai ke otak sakitnya. Tapi kalau lewat jalan mulus, nyaman saja memakainya," tambahnya.

Belum lagi jika terkena hujan atau air pasang, motor ini bisa mogok. Cepretan air dapat membuat platina basah. "Saya kalau hujan jarang mengeluarkan motor ini," ucap pria yang sehari-hari sebagai wiraswasta ini.

Sejauh ini, segala permasalahan motor yang sering dihadapi dapat diatasinya dengan baik. "Masalah yang sering saya hadapi paling hanya platina. Namun tidak susah mengatasinya. Biasa saya keringkan atau amplas. Tidak perlu repot bawa ke bengkel," pungkasnya.

(sumber:http://pontianak.tribunnews.com/2014/06/29/joko-modivikasi-motor-antik-jadi-norton-c hooper-sirip-hiu)

Tidak ada komentar: