Selasa, 15 Maret 2016

BMW R27 Koleksi Teja Wijaya

Teja Wijaya. Foto Motor Sportku.com
PUNYA hobi koleksi motor jadul memang miliki risiko tersendiri. Salah satu hal yang paling sulit adalah menjaga originalitas dari barangnya itu sendiri. Hal ini pula yang dialami Teja Wijaya.

Pentolan Imagineering Customs itu punya motor BMW R27 keluaran tahun 1966 di garasi rumahnya. "Waktu itu, lagi iseng-iseng nongkrong sama teman yang punya motor ini. Motor ini sebenarnya warisan orangtua tua teman saya itu. Tapi saya beli, kondisinya saat itu seperti barang rongsokan. Tidak menjadi barang berharga, hanya diletakkan di belakang rumah," kenang Teja.

Teja membeli motor BMW R27 ini seharga Rp 60 juta. Setelah 11 bulan hunting untuk mencari sparepart aslinya kini kondisi motor tersebut sangat layak pakai. Dan menjadi salah satu idaman Teja diantara motor-motor Harley-Davidson miliknya.



"Sparepartnya asli semua kecuali pada karburatornya. Karburator masih belum dapat yang asli. Ini sementara pakai karburator Yamaha RX King. Part ada yang saya beli dari Jerman dan sebagian dapat di Bandung," ujarnya.

Ia mengakui sparepart BMW sudah langka di pasaran. Jadi susah dicari. "Seperti karet tangki ini saya dapatnya di Bandung," ucap Teja yang rela merogoh koceknya hingga Rp 40 jutaan untuk beli sparepart asli BMW.

Meski barang zaman dulu alias jadul, tapi motor berkapasitas 250cc ini menjadi spesial bagi Teja. Karena motor ini merupakan motor klasik pertama yang masuk ke garasinya. BMW R27 yang dibeli awal tahun 2014 lalu ini juga masih dilengkapi dengan surat-surat dan plat nomor asli.

BMW R27 menggunakan engine 247cc, 4 stroke, 1 cylinder vertical. Bisa menghasilkan tenaga hingga 13 kW (17 hp) pada 7.400 rpm. Dengan top speed 130 km/h (81 mph). Dengan spesifikasi mesin yang ada dan tenaga yang dihasilkan, BMW R27 menjadi salah satu motor yang diincar oleh para bikers pada jamannya.

Penerus generasi BMW R26 ini diproduksi hanya 15.364 unit. Produksinya berlangsung sekitar enam tahun, mulai 1960 hingga 1966. Sebagian besar BMW R27 diekspor ke Amerika Serikat. Dan warnanya paling banyak adalah warna hitam. Namun ada juga yang berwarna putih. (*)

SUMBER:http://motor.sportku.com/berita/profil-modifikasi/modifikasi/80630-hobi-motor-jadul- teja-wijaya-koleksi-bmw-r27-tahun-1966

Tidak ada komentar: