Selasa, 17 Februari 2009

Pameran Sepeda Betot Perhatian Warga





Pameran Sepeda Tua yang dihelat Sepeda Onte Kalbar (Sepok) di Mal Matahari pada 17-18 Januari 2009 membetot perhatian warga Kota Pontianak. Termasuk Wali Kota Pontianak, Sutarmidji SH Mhum.

Ia memuji Sepok yang telah menambah khasanah pariwisata Kota Pontianak. Bahkan, dalam waktu dekat berencana menggandeng Sepok untuk sosialisasi bersepeda di kalangan pelajar SLTP. Wali Kota juga akan mencanangkan aktivitas bersepeda bagi warga kota. Setidaknya, dalam tiga bulan ada satu hari yang digunakan untuk bersepeda.

Sementara itu, pengelola Mal Matahari, tidak menyangka kalau antusiasme pengunjung begitu besar. Karena itu, dari jadwal yang telah ditetapkan selama 17-18 Januari, pameran diperpanjang hingga 19 Januari. Untuk satu hari itu, pengelola mal tidak memungut biaya tempat alias gratis.

Di basedment Mal Matahari, pengunjung terus berdatangan dari pagi hingga mal tutup. Mereka terheran-heran ternyata masih ada sepeda-sepeda tua dengan kondisi sangat bagus. Lengkap dengan berbagai aksesoris yang berumur tidak muda lagi. Belum lagi ulah anggota Sepok yang bikin heboh dengan berpenampilan gaya zaman dulu.

Terdapat sekitar 45 sepeda di areal seluas 70 meter persegi. Jumlah sepeda dibatasi karena memang ruang yang tersedia tidak memadai. Kalaupun diperluas, maka konsekuensinya harus bayar lebih mahal. Sepeda-sepeda yang dipajang adalah sepeda-sepeda terpilih yang merepresentasikan merek, jenis, dan negara produsen.

Panitia sengaja tidak memasang pembatas di areal pameran untuk memberikan ruang lebih leluasa kepada pengunjung untuk berinteraksi dengan sepeda-sepeda tersebut. Jadi, mereka bisa memagang dan berfoto bersama di areal pameran.

Pengunjung makin antusias karena di areal dilengkapi dengan keterangan tentang sejarah singkat sepeda-sepeda tersebut. Ada juga foto-foto dan film dokumentasi tentang aktivitas Sepok selama setahun. Semua tersaji di layar proyektor cukup besar. Kemeriahan semakin terasa karena ada musik tanjidor yang jadi pengiring.

Pameran tersebut hanya rangkaian Hari Ulang Tahun Pertama Sepok yang jatuh pada 12 Januari 2008. Kegiatan lainnya adalah Fun Bike dan konvoi keliling kota. Berikut saya tampilkan sebagian suasana pameran. Selamat menikmati!

2 komentar:

speda mengatakan...

wah.. bagus ada pameran sebegini... sgt menarik hati..

gila^ontel mengatakan...

iya..akhirnya tercapai juga menggelar ivent...
rekan-rekan di sana gimn..