Selasa, 17 Februari 2009

NSU Ikut Pameran


Di antara sepeda-sepeda yang dipamerkan di Mal Matahari, sepeda milik saya, Neckarsulm Stickmachen Union (NSU), adalah yang paling kusam. Bukan hanya karena belum di cat, bekas las-lasan juga masih terlihat di sana sini, terutama di sepakbor, jepit udang, dan batang S-nya.

Saya sedikit menyesal meninggalkan dan percaya begitu saja saat tukang las menggarap NSU. Sebab, begitu selesai, hasilnya tidak sesuai dengan harapan saya. Caranya membuat sambungan dan memotong sangat kasar dan bisa dilihat, lengkungan S terutama yang bawah, terlihat tidak mulus. Bentuknya jadi seperti patah, padahal tidak.

Dalam pameran tersebut, ada tiga jenis sepeda Jerman yang dipamerkan. Masing-masing Bismack, NSU, dan Opel. Untuk sepeda merek Opel, terlihat sangat istimewa karena tidak ada sambungan antara batang dengan batang lainnya. Semua seperti dibuat dengan cara dipress.

Saat menyaksikan sepeda-sepeda Jerman tersebut, ada aktivis WWF-Indonesia, yang asal Jerman. Dia takjub dan tidak percaya ada sepeda yang dibuat negaranya bisa sampai ke Pontianak. Dia kemudian tertarik dengan bel kecil yang nemplok di sepeda saya. Ia ingin sekali memilikinya karena juga punya sepeda, meski bukan sepeda tua. Sebagai kenang-kenangan, saya merelakan bel kecil tersebut untuk dia.

Sekarang, saya sedang menyempurnakan si NSU. Namun sulit sekali memperoleh yang orisinilan. Terutama setang dengan kosntruksi rem tusuk. Setangnya sih ada, namun sudah patah termakan usia. Saya juga kesulitan untuk mencari lampu karbit, gir depan, emblem, sadel, dan ketengkas.

Kalau ada rekan-rekan yang punya barang-barang tersebut, sudilah berbagi informasi. Siapa tahu harganya bisa cocok. Terimakasih. Hidup sepeda ontel. Hidup NSU!

2 komentar:

Indrawanto mengatakan...

Salam kenal
Wah NSU barang langka yo, bentuk framenya sangat cantik ya seperti angsa (schwan). Itu NSU damen (wanita) kah, buatan tahun berapa kah. Makin langaka makin wah nih harganya ...hehehe

Apakah yg masuk Indonesia ada NSU untuk Herren (pria) juga yg model palang.

Salam NSU

gila^ontel mengatakan...

NSU model palang kalo gak salah di di Keraton Yogya or Solo om Indraw. saya pernah baca dan liat postingannya di wara wiri sepeda ontel. Salam om