Sabtu, 26 Juli 2008

My Lovely BSA Bicycle

Sepeda ini buatan England. Merknya Birmingham Small Arms (BSA). BSA lebih dikenal dengan produsen sepeda motor terkenal BSA. Sepeda buatan England bukan hanya BSA. Ada juga Raleigh, Philips, Humber, Rudge, Hercules, Ray, dll.

Tidak seperti sepeda lainnya, sepeda BSA khususnya yang tipe gent, agak sulit ditemui. Bahkan para pemiliknya harus mencari sendiri kelengkapan BSA karena sedikit yang mengetahui tentang sepeda itu.

Setelah setengah tahun menanti, akhirnya dapat juga sepeda impian. Meskipun saat didapat kondisinya sangat memprihatinkan. Catnya terkelupas, tuas rem patah, velk dan lidi karatan semua, ban gembos. Beberapa bagian juga sudah tidak orosinil lagi.

Untunglah, emblem tiga senapan di komstir masih melekat. Sepeda ini milik A Kwet, warga Thionghoa yang tinggal di Gang Tanjung Harapan, Jl Imam Bonjol Pontianak. Pembuat tong air dari kayu ini mengaku sudah memiliki si BSA tahun 1966.

Untuk pertama kalinya, si BSA yang baru ditebus Rp 400 ribu, langsung diengkol ke Bandara Supadio Pontianak. Lumayan...capeekkk. Sebab selama ini aku pakai Raleigh Dames dengan tiga percepatan milik Sturmey Archer....tapi akhirnya sampai juga. Begaya pula di dekat pesawat tuh...keren kann?

Ciri-ciri sepeda BSA:
1.Gear,asroda depan dan belakang,laker,karet pedal,pedal tertera tulisan BSA.
2.Lampu dan dinamo biasanya Bosc
3.Kunci dan boncengan biasanya pake HOPMI, tetapi boncengannya ndak dobel dg jagrak
4.Di porok depan ada hiasan kayak ukiran putih yang membungkus pangkal porok yang berhubungan dengan frame
5.Frame lebih cenderung tegak dibanding sepeda Belanda.
6.Stang seingatku lepasan dengan tangkai yang menghubungkan frame.
7.Kalo ndak salah ada beberapa BSA yang pake bel HAT kalo ndak salah.
8.Beberapa varian ketengkas hanya separo dengan tulisan BSA warna kuning,tetapi keteng tersebut memanjang sepanjangnya rantai dari depan kebelakang.
9.Simbol BSA (3bedil) yang terukir disebuah plat agak tebal (kaya punggung kura-kura)
Itulah sedikit kenangan tentang sepeda BSA, kalo ada yang salah mohon dimaafkan dan dikoreksi tentang sedikit pengetahuan BSA ini. Maklum masih belajar nak……Uhuk…3X Trus glegek.

1 komentar:

Nucleusnebuchadnezzar mengatakan...

hehe,sy punya *speed* brimingham dan valuas juga loh kang...mbok mo tambah koleksi,bayar aja boleh.sy jg punya vespa super taun 66 pajak idup.
*iksan*
gombong
kebumen
jawa tengah
02876666557