Sabtu, 26 Juli 2008

Dahlan Iskan Award 2007

Pengantin Pesanan
Raih Dahlan Iskan Award 2007


PONTIANAK, METRO - Redaktur Pelaksana (Redpel) Harian Metro Pontianak,Hasyim Ashari berjaya di penghargaan bergengsi Jawa Pos Group, Dahlan Iskan Awards 2007. Pengumuman dan penyerahan penghargaan berlangsung di Hotel Ciputra Jakarta, Rabu (19/3) pukul 16.30 WIB.

Hasyim menyabet kategori The Best Feature, setelah menyisihkan 10 nominator dari 53 penulis feature. Dia mengangkat fenomena Pengantin Pesanan di Kota Singkawang. Judul tulisan tersebut "Menyusuri Pengantin Pesanan Amoy Singkawang dengan Pria Taiwan." yang dimuat di Harian Pontianak Post beberapa waktu lalu.

Sedangkan Donatus Budiono (wartawan Pontianak Post), yang meliput perjalanan Bryan, bocah yang membawa Pontianak hingga ke Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa lewat goresan tangannya. Judulnya "Miliki Nama Asing Sempat Dikira Warga Negara Asing". Miank begitu dia disapa, masuk salah satu dari 10 nominator The Best Feature. Jika Hasyim berhak atas uang tunai Rp 10 juta, Miank mendapat uang tunai Rp 2,5 juta.

Penghargaan diterima langsung Pimpinan Redaksi Pontianak Post, B Salman. Dia mengungkapkan Dahlan Iskan Award 2007 dilaksanakan dalam rangka menggairahkan semangat penulis di lingkungan Jawa Post Group, agar bisa membuat tulisan sebaik mungkin.

Event tersebut terdiri dari tiga kategori yaitu tulisan Feature, reportase, dan kategori Fotografer. Mereka yang berhasil keluar sebagai The Best untuk setiap katergori, akan mendapatkan uang tunai sebesar Rp 10 juta, dan mereka yang berhasil menjadi nominasi berhak mendapatkan uang sebesar Rp 2,5 juta.

Menurut Salman, jumlah peserta untuk kategori Reportase sebanyak 60 orang, tulisan Feature sebanyak 53 orang, dan fotografer sebanyak 40 orang. Pada The Best Feature, peserta yang berhasil masuk nominasi yaitu Pontianak Post sebanyak dua orang, Radar Kediri sebanyak dua orang, dan Radar Bromo.

Untuk The Best Reportase diraih Batam Post, dengan nominasi Post Metro Batam, Radar Surabaya, Lombok Post, dan Radar Mojokerto. The Best Fotografer diraih Radar Solo, dengan nominasi Batam Post, Radar Bromo, dan Jambi Ekspress sebanyak dua orang.

"Alhamdulillah Pontianak Post berhasil meraih The Best Feature dan menjadi nominasi," ujar Salman langsung dari Jakarta, via telepon, kemarin.

Peraih The Best Feature, Hasyim Ashari mengaku sangat bersyukur dengan kemenangan tersebut. Untuk membuat tulisannya, dia melakukan investigasi selama empat hari. Tiga hari di Singkawang dan sehari di Bengkayang. Resiko nyaris terjatuh dari motor dia alami saat mendaki Vendering dengan Honda Legenda miliknya.

"Terimakasih untuk semua pihak yang telah membantu proses penulisan. Terutama Direktur LBH Peka Singkawang, Rosita Nengsih SH, Komnas HAM Kalbar Hairiah SH, Maya dari FKPSM Singkawang dan Ketua MABT Singkawang Wijaya Kurniawan SH.

Terimakasih dan penghargaan yang tak terhingga untuk dua orang amoy Singkawang yang dengan berani membongkar Kasus Pengantin Pesanan dan bersedia membaginya dengan penulis. Mereka adalah Tun Sui Lang dan Tjew Sin Fung," ungkap Hasyim yang jadi jurnalis sejak tahun 2000 ini.

Sementara itu, peraih Nominasi The Best Feature, Budi Miank mengakui kemenangan Hasyim tersebut. "Karena tulisan Hasyim memang layak keluar sebagai pemenang," ujar Budi yang mempunyai nama panjang Donatus Budiono ini.

Budi mengucapkan terima kasih kepada Pontianak Post yang memberi kesempatan untuk mengirim tulisan itu. "Juga terima kasih Bryan yang selalu ceria menerima kehadiran saya, ketika bertandang ke rumah dan sekolahnya. Kemenangan ini bukan hanya milik saya, tapi seluruh awak Pontianak Post," ujarnya merendah.(chairunnisya - Pontianak Post)

Pemenang Dahlan Iskan Award 2007-2008

Kategori Reportase

The Best Reportase (Rp 10.000.000)
Nama : Muhammad Iqbal
Judul : Yang Campur Tak Selalu Enak
Media : Batam Post

Nominee (Rp 2.500.000)
1. Nama : Nur Ali Mahmudi
Judul : Awas Uang Anda Dicuri lewat ATM
Media : Posmetro Batam

2. Nama : Jaini dan Windi Ariesman
Judul : Pemkot Kedodoran Kelola Aset
Media : Radar Surabaya

3. Nama : Haliludin
Judul : Mengungkap Persoalan TKI asal NTB
Media : Lombok Post

4. Nama : Moch. Chariris
Judul : Sindikat Paspor Palsu Dibongkar
Media : Radar Mojokerto

Kategori Feature

The Best Feature (Rp 10.000.000)
Nama : Hasyim Asyari
Judul : Menyusuri Pengantin Pesanan Amoy Singkawang dengan Pria Taiwan (3 seri)
Media : Pontianak Post

Nominee (Rp 2.500.000)
1. Nama : Rully Prasetyo
Judul : Melongok Kehidupan Mantan Atlet
Media : Radar Kediri

2. Nama : M Said Hudaini dan Hana Susanti
Judul : Menjelajah Situs Mak Comblang Perempuan Probolinggo dan Sekitarnya
dengan Pria Bule (6 seri)
Media : Radar Bromo

3. Nama : Budi Miank
Judul : Bryan Jevoncia, Bocah Pontianak Pemenang Lomba Desain Perangko PBB
Media : Pontianak Post

4. Nama : Sri Utami
Judul : Melihat Para Gay Bertemu di Hari Spesial Mereka (2 seri)
Media : Radar Kediri

Kategori Foto

Dari total 202 foto yang diterima, diperoleh 32 foto yang masuk final, kemudian dari 32 foto dipilih lagi 8 pilihan. Lantas, dari 8 foto disaring menjadi 5 foto yang berhak mendapatkan juara.

The Best Photography (Rp 10.000.000)
Nama : Anwar Mustofa
Media : Radar Solo
Poin : 470 poin

Keistimewaan foto: Terletak dari ketokohan 2 variabel yang saling berinteraksi, Tommy Soeharto putra mantan presiden Soeharto, ternyata masih dihormati dengan cara yang berlebih oleh Danjen Kopassus Mayjen TNI Rasyid Qurnuen Aquari. Meskipun sebuah acara seremonial, namun content dan substansi fotonya lebih besar dalam makna dan pesannya.

Nominee (Rp 2.500.000)
1. Nama : R Yusuf Hidayat
Judul : Histeris
Media : Batam Pos

2. Nama : Agus Salim
Judul : Tertembak
Media : Radar Bromo

3. Nama : M. Ridwan
Judul : Ugal-ugalan
Media : Jambi Ekspress

4. Nama : M Ridwan
Judul : Pangkas Rambut
Media : Jambi Ekspress

Dewan Juri Dahlan Iskan Award:

Koordinator Dewan Juri
Maksum (Redaktur Senior Jawa Pos)
Anggota Dewan Juri
Baehaqi (Koordinator Liputan Jawa Pos)
Moh Elman (Redpel Jawa Pos)

Kurniawan Muhammad (Redpel Jawa Pos)
Tofan Mahdi (Redpel Jawa Pos)
Fuad Ariyanto (Redaktur Senior Jawa Pos)
Nurwahid (Redaktur Metropolis Jawa Pos)
Yarno (Editor Naskah Jawa Pos)
Leak Kustiya (Redpel Grafis-Foto Jawa Pos)
Yuyung Abdi (Redaktur Foto Jawa Pos)
Sugeng Deas (Redaktur Foto Jawa Pos)

Pengumuman dilaksanakan pada pertemuan Pemimpin Redaksi Grup Jawa Pos di Hotel Ciputra Jakarta, 19 Maret 2008, oleh Koordinator Dewan Juri, Maksum.
Hadiah kategori reportase diserahkan secara simbolis oleh PO Fajar Group Bpk. Samsu Nur. Kategori feature diserahkan oleh PO Sumeks Group Bpk. Suparno Wonokromo, dan kategori foto diserahkan oleh PO Pontianak Post Group Bpk. Untung Sukarti. Disaksikan oleh Dirut PT JPNN Bpk. Rida K Liamsi dan Wadirut Jawa Pos Bpk. Zainal Muttaqin.

Tidak ada komentar: