Minggu, 18 Juli 2010

Usung Hari Bersepeda Nasional


* Dari Kongres Sepeda Indonesia
JAKARTA - Kongres Sepeda Indonesia (KSI) yang diikuti puluhan ribu peserta akhirnya rampung digelar, Minggu (18/7). Beberapa usulan pun dibuat untuk mendukung upaya memasyarakatkan sepeda.

Satu di antaranya adalah usul 17 Juli sebagai Hari Bersepeda Nasional. "Di hari itu setiap orang bersepeda atau berjalan kaki," ujar Ketua Umum Komite Sepeda Indonesia, Syahrul Effendi.

KSI juga berusaha untuk memperjuangkan jalur sepeda yang membuat pengguna sepeda aman dan nyaman saat menaiki alat transportasi tanpa polusi tersebut. "Kita akan memperjuangkan hak bersepeda yang aman dan nyaman. Untuk DKI sendiri Gubernur sudah mempertimbangkan untuk mengkaji ulang adanya jalur khusus sepeda," tambahnya.

Pagelaran KSI sendiri ternyata masuk dalam Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kongres sepeda pertama dan terbesar yang pernah dilakukan di Indonesia maupun di dunia.

"Kita bangga karena sambutan yang sangat luas dari masyarakat bahkan kita masuk rekor dunia untuk Kongres Bersepeda," tambah pria yang saat ini masih menjabat sebagai Walikota Jakarta Selatan ini.

Dalam kongres yang dihadiri lebih dari 50 ribu orang tersebut, selain mengangkat Syahrul Effendi sebagai ketua umum, juga mengangkat Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi menjadi Ketua Dewan Pembina Komite Sepeda Indonesia dan Pangdam Kodam 12 Tanjung Pura TNI Mayjen TNI Muldoko sebagai Ketua Dewan Penasihat. Sebelumnya, Katon Bagaskara didaulat menjadi Duta Sepeda Indonesia.

"Saya juga nanti harus membuat pengurus pusat dan pengurus di masing-masing wilayah di seluruh Indoesia sebagai bentuk organisasi yang solid dan besar," tegasnya.

KSI juga diwarnai konvoi 50 ribu sepeda. hasilnya, konvoi memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI). Selain itu acara ini juga mencatat rekor MURI untuk konvoi yang diikuti komunitas sepeda terbanyak. Ada 200 komunitas sepeda dari seluruh Indonesia yang mengikuti konvoi ini.

"Yang ambil formulir ada 50 ribu, datang dari seluruh Indonesia. Saya berharap tanggal 17 Juli bisa dijadikan hari bersepeda. Yang ikut dari Aceh sampe Merauke," ujar Syahrul Effendy.

Pendiri MURI, Jaya Suprana, pun menyerahkan piagam pemecahan rekor konvoi sepeda terbanyak pada Syahrul. Setelah itu, para penggowes pun langsung melaju dari Parkir Timur Senayan.

Rutenya Jl Sudirman, Bunderan HI, Jl Thamrin, Jl Gajah Mada, hingga Kota Tua Jakarta. Pantauan detikcom berbagai jenis sepeda tampak dalam acara ini. Mulai sepeda onthel, fixie bike, sepeda lipat, low rider, mountain bike dan lainnya.(dtc)

Tidak ada komentar: