Jumat, 01 April 2016

Tips Membeli Motor Klasik

Sach 175/mobildanmotorbekas.blogspot.co.id
Membeli motor klasik tentu tak sama dengan membeli motor second pada umumnya. Selain dibutuhkan ketelitian, pembeli juga harus cukup paham tentang model motor klasik yang akan dibeli.

Salah satu contohnya yakni mencari informasi mengenai motor yang akan dibeli melalui situs resmi produsennya. Bisa juga menanyakan pada kolektor ataupun para hobiest motor klasik.

"Sulitnya sparepart sepeda motor klasik dibutuhkan ketelitian bagi para pembeli untuk mengetahui apakah kondisi motor seluruhnya orisinal atau ada beberapa bagian yang sudah tidak orisinal," kata Nolavander, Pemilik MRC Motor, Jumat (1/4/2016).

Ia menambahkan, semakin tinggi tingkat orisinalitas sepeda motor klasik tersebut maka kebanggaan memilikinya akan lebih besar. Namun jika tingkat orisinalnya berkurang, kebanggaannya akan ikut sedikit berkurang.



Untuk membeli sepeda motor klasik, Nolavander memiliki beberapa tips singkat, yakni:

1. Periksa kelengkapan surat kendaraan, kemudian cocokkan data pada surat kendaraan dengan nomor rangka ataupun pelat nomornya.

2. Cek seluruh bagian sepeda motor. Langkah ini untuk mengetahui ada-tidaknya perangkat yang sudah diganti atau masih orisinal.

3. Perhatikan kinerja mesin sepeda motor, jika tidak tahu mesin bisa ajak teman yang mengerti tentang teknis mesin.

4. Pastikan harga sesuai kondisi sepeda motor dan jangan langsung memutuskan harga yang ditawarkan jika tidak sesuai.

Memilih Aksesori 

Banyaknya peminat modifikasi sepeda motor aliran klasik, berimbas pada meningkatnya jenis aksesori pendukung yang dipasarkan. Namun tidak semua aksesori yang dijual itu memiliki kualitas bagus.

Karena itu, para modifikator, terutama pemula, harus memahami seperti apa aksesori yang baik kualitasnya. Lampu sein salah satunya. Hal ini bisa dilihat dari cover lampu, jika bahannya halus dan sambungannya rapi, maka bisa dikatakan memiliki kualitas baik. "Biasanya aksesori berkualitas memiliki bahan yang halus dan rapi, sedangkan kualitas rendah memiliki bahan yang kasar," ujar Nolavander.

Hal lain juga bisa diperhatikan saat mencari tangki orisinal. Biasanya untuk tangki asli, seperti CB100, memiliki lubang baut untuk menempatkan logo Honda di samping tangki. Sedangkan tangki palsu tidak ada memiliki lubang baut.

Ada pula aksesori motor klasik yang direproduksi karena ketersediaan produk orisinal semakin langka atau harganya yang tinggi. Menggunakan aksesori hasil reproduksi sah-sah saja. Namun yang harus diperhatikan adalah kelayakan komponen tersebut untuk digunakan.

Jangan sampai setelah direproduksi membuat kinerja motor terganggu atau bahkan membahayakan penggunanya.

Merawat Motor Klasik

Memiliki sepeda motor klasik kini menjadi kebanggaan tersendiri, terlebih lagi jika model yang dimiliki terbilang langka. Namun, memilikinya saja tentu tidak cukup bila tidak merawatnya dengan rutin.

Perlunya memberikan perhatian khusus dalam perawatan sepeda motor klasik sangat penting agar tidak sering mogok saat dikendarai. Beberapa langkah mudah dalam perawatan sepeda motor klasik pun perlu diperhatikan pemiliknya.

Berikut ini beberapa tips perawatan mudah sepeda motor klasik menurut Nolavander, pemilik MRC Motor di bilangan Lenteng Agung.

Cek Pengapian
Motor klasik dengan usia pakai yang cukup lama biasanya rentan dengan sistem pengapian yang kurang maksimal. Periksa dengan rutin aki, platina, busi, dan kabel-kabel yang berhubungan dengan pengapian.

Ganti Oli
Karakter sepeda motor klasik tidak sama dengan motor saat ini yang masa penggantian pelumasnya bisa sampai 2.000 kilometer. Untuk sepeda motor klasik, minimal penggantian pelumas harus dilakukan dua minggu sekali agar komponen dalam mesin tidak cepat aus dan panas.

Penggunaan Bahan Bakar
Agar kinerja mesin bekerja maksimal, selalu gunakan bahan bakar dengan oktan tinggi, agar piston bekerja maksimal saat proses pembakaran terjadi. Jika menggunakan bahan bakar beroktan rendah bisa sering terjadi knockling akibat proses pembakaran tidak sempurna.

Servis Rutin
Selalu lakukan servis rutin agar kondisi sepeda motor klasik tetap prima dan tidak sering mengalami masalah teknis saat dikendarai. (Mufrod)

SUMBER:http://news.okezone.com/read/2016/04/01/15/1351017/perhatikan-hal-ini-sebelum-me mbeli-motor-klasik

Tidak ada komentar: