Senin, 04 Agustus 2008

Fongers, andai..!

Sebelum berangkat ke kantor aku jalan-jalan ke Pasar Tengah, Senin (4/8). Tujuannya mencari spare part atau sepeda tuanya sekalian. Sebab, sepeda BSA ku belum lengkap. Fork atau jepit udang masih menggunakan milik Phoenix. Tiba di kios jual beli sepeda bekas, aku terpana melihat sepeda type gent. Merknya Fongers. Tapi...

Sayang kondisinya sudah tidak orisinil lagi. Banyak bagiannya yang sudah diganti. Yang asli hanya, setang, fork, sepatbor, mata kucing, dan batang. Emblem Fonger sudah lepas, sepakbor depan sudah copot.

Begitu kutanya harganya Rp 400 ribu tidak bisa nego. Ya sudahlah aku memberanikan diri untuk tukar tambah. Aku memang mencari fork depan dan lampu belakang. Pak Haji yang memiliki sepeda itu, ternyata sepakat setelah kami diskusi soal harga. Aku bayar Rp 125 ribu.

Aku tidak sendirian. Ada Ateng, kawanku yang di Kantor Arsip Daerah Kota, ikut nimbrung. Kami bertemu di Pasar Tengah. Singkat cerita, fork dan mata kucing Fongers kini sudah melekat di BSA. Sekaran, tinggal cari lampu bosh dan felk dunlop. Kapan yah dapetnya?

Pasar Tengah Pontianak di Jl Serayu, dikenal luas sebagai surganya barang-barang bekas pakai. Dari mulai baju, onderdil motor, mobil, perkakas rumah tangga, elektronik, hingga sepeda. Semua bisa dijumpai di sana dan asal cocok harga saja.

Pasar itu konon sudah berdiri sejak tahun 1970-an. Pernah beberapa kali terbakar. Namun pedagang di sana tidak pernah kapok. Mereka tetap membuka kios dan berjualan. Pengunjungnyapun tidak pernah sepi. Sebab harga barang memang bersahabat. Beberapa pedagangnya juga ramah dan bersahabat soal harga. Kalau tidak percaya silahkan datang sendiri.

Tidak ada komentar: