Senin, 19 November 2012

Berburu M21 hingga Mancanegara

MEREK motor yang satu ini pasti sudah tak asing lagi di telinga para kolektor motor klasik. BSA sendiri merupakan kepanjangan dari Birmingham Small Arms.

Birmingham Small Arms Company berdiri pada tahun 1863 di Kota Birmingham, Inggris. Saat ini, motor-motor BSA sesekali masih bisa kita jumpai di beberapa daerah di Indonesia seperti di Yogyakarta, Surabaya bahkan di jantung Ibu Kota Jakarta.  

Keberadaannya yang kini terbilang langka menjadi buronan para kolektor untuk direstorasi dan dijadikan koleksi vintage mereka. Satu di antara kolektornya adalah Nandiwardhana yang juga memiliki motor tua Honda C102. 

Pemuda asal Jakarta ini mengaku menemukan bangkai motor melalui sebuah iklan di media cetak kala itu. "Saya mendapatkan motor ini pada tahun 2008 dari seseorang yang beralamat di Bandung, Jawa Barat. Waktu itu saya membelinya seharga Rp 7,5 juta," tegas Nandi. 

BSA M21 produksi tahun 1941 ini merupakan motor tipe militer yang dirancang oleh BSA sebagai penyuplai kendaraan militer. Produksinya hanya dilakukan sekitar tahun 1939-1945.

"Hampir semua yang ada pada motor ini masih orisinil. Semua pengapian dan kelistrikan saya kondisikan sesuai aslinya," jelas Nandi. 

Sebagai pengganti beberapa part yang sudah usam, pemuda yang menetap di daerah Tebet ini tak segan-segan untuk memesannya hingga luar negeri. Namun memang ada beberapa part yang sengaja dibiarkan sesuai aslinya. Seperti terlihat pada jok yang dibiarkan sobek dan terlihat kuno. 

"Untuk sparepart yang saya gunakan sengaja saya datangkan dari luar negeri. Seperti dari Belanda, Australia namun kebanyakan memang saya datangkan dari negara asalnya, Inggris," ujarnya.

Melihat kondisi BSA M21 produksi tahun 1941 saat ini yang sudah mengalami banyak ubahan tentu saja menjadikan harga motor tersebut melambung tinggi. Bahkan Nandi juga menyebutkan jika harga motor yang ia miliki sekarang ini setara dengan satu unit mobil. 

"Saya pernah membawa motor ini dengan perjalanan paling jauh hingga Bandung," sanggah Nandi. (sumber:http://motor.sportku.com/berita/profil-modifikasi/modifikasi/15496-berburu-motor-lang ka-hingga-mancanegara)
 

Tidak ada komentar: